Harus Kah Mobil Menggunakan Oli Full Synthetic?

Butuh Perbaikan Mobil ?

· Layanan Service Mobil di rumah atau kantor · Biaya yang adil dan transparan · Mekanik dan montir panggilan yang handal dan profesional ·

Hubungi Service Advisor Kami!

MANFAAT OLI FULL SYNTHETIC UNTUK MESIN MOBIL

Sungguh ironis bahwa banyak pemilik mobil menghabiskan banyak uang untuk perbaikan mobil sambil mengambil jalan pintas dalam hal hal yang paling murah – namun paling penting – dari perawatan mobil: penggantian oli. Menurut pakar perawatan mobil Consumer Report, lebih dari separuh pemilik mobil di INDONESIA menggunakan oli campuran konvensional atau oli full synthetic. Dengan kata lain, lebih dari 50% pemilik kendaraan kehilangan manfaat dari oli Full synthetic seperti : masa pakai mesin lebih lama, lebih sedikit keausan pada suku cadang mesin, dan interval antar servis yang lebih lama, karena oli full synthetic biasanya perlu diganti setiap sekali. 6 bulan, bukan setiap 3 bulan sekali untuk oli konvensional.

Karena sebagian besar pemilik mobil menyerahkan penggantian oli ke tangan mekanik, mereka biasanya tidak mempertimbangkan jenis oli yang masuk ke kendaraan mereka. Banyak pemilik mobil memilih untuk menghemat uang dengan memilih oli konvensional daripada oli full synthetic untuk mengganti oli mereka, tanpa disadari menciptakan kondisi untuk perbaikan mobil yang lebih mahal di jalan dengan menyebabkan penumpukan lumpur. Namun, ketika pemilik mobil mengetahui nilai oli full synthetic untuk mesin mereka, mereka memutuskan untuk beralih guna memastikan kesehatan dan umur panjang mesin mobil mereka.

MENGAPA OLI FULL SYNTHETIC LEBIH UNGGUL DARI OLI KONVENSIONAL?

Oli Full Synthetic
Oli mobil synthetic biasa

Oli Full Synthetic dibuat di laboratorium, menggunakan minyak mentah suling dan bahan buatan yang dimodifikasi secara kimiawi. Setiap pabrikan memiliki formula kepemilikannya sendiri, menggunakan aditif yang membantu kinerja mesin dalam berbagai cara, menurut Car and Driver. Merek Oli Full Synthetic teratas, dievaluasi untuk viskositas, kekuatan, dan pelumasannya, termasuk Valvoline, Royal Purple, dan Mobil 1, menurut ulasan independen oleh The Drive. Meskipun Oli Full Synthetic ketiga merek akan mengurangi penumpukan lumpur dan interval penggantian oli yang lebih lama pada mesin, Mobil 1 menduduki peringkat teratas untuk sifat anti-ausnya pada suhu yang sangat rendah dan tinggi. Merek ini juga disukai di antara merek-merek mewah dan pengemudi mobil balap profesional karena campuran bahan aditif pembersih dan peningkat performa.

APA PERAN OLI DALAM MESIN MOBIL?

Oli mesin melumasi, membersihkan, dan mendinginkan suku cadang mesin, sekaligus mengurangi keausan pada komponen mesin, memungkinkan mesin bekerja secara efisien pada suhu yang terkontrol. Dengan mengganti oli Anda dengan oli berkualitas tinggi pada interval yang dijadwalkan dengan benar, Anda dapat mengurangi kebutuhan akan perbaikan di jalur dengan mengurangi gesekan pada bagian-bagian mesin. oli dibuat dengan senyawa kimia berbasis minyak bumi atau sintetis (non-minyak bumi) – yaitu konvensi atau campuran sintetis, menggunakan hidrokarbon, olefin polinternal, dan polialfaolefin.

Oli diukur dengan viskositas, atau ketebalannya. Oli harus cukup kental untuk melumasi komponen sekaligus cukup encer untuk bergerak melalui galeri dan di antara jarak yang sempit. Temperatur ekstrem – tinggi atau rendah – dapat memengaruhi viskositas oli, sehingga menurunkan efektivitasnya lebih cepat. Jadi memilih oli yang tepat untuk mobil Anda serupa dengan memilih jenis darah yang tepat untuk transfusi – ini bisa menjadi perbedaan antara hidup dan mati untuk mesin Anda.

Jika sebuah mesin kompatibel dengan oli full synthetic dan oli konvensional, maka secara praktis merupakan kejahatan terhadap mobil Anda untuk menggunakan oli konvensional, kata ahli mekanik Boddy T. oli full synthetic jauh lebih unggul daripada oli konvensional, menurut evaluasi independen yang dilakukan oleh AAA, karena ia menawarkan kendaraan perlindungan mesin yang jauh lebih baik, memungkinkan mesin mobil bertahan lebih lama, bekerja lebih baik dalam lalu lintas berhenti-dan-pergi, menarik beban berat, dan beroperasi di bawah suhu ekstrim.

SEJARAH OLI FULL SYNTHETIC

Kapan dan mengapa diformulasikan? Oli Full Synthetic dikembangkan pada tahun 1929, kira-kira tiga dekade setelah penemuan mobil bertenaga gas. Sejak tahun 1930-an, oli full synthetic telah digunakan dalam segala hal mulai dari kendaraan biasa hingga kendaraan berperforma tinggi hingga jet.

Menurut Majalah Car and Driver, selama Perang Dunia II, ketika Pasukan Sekutu membatasi pasokan minyak ke Nazi Jerman, negara yang diembargo menggunakan minyak sintetis untuk bahan bakar kendaraan militer Jerman. Pada tahun 1970-an, Krisis Energi Amerika mendorong upaya untuk membuat oli buatan yang lebih baik sebagai cara untuk meningkatkan penghematan bahan bakar.

Saat ini, oli full synthetic digunakan pada kendaraan berperforma tinggi dan mesin utama, karena produsen otomotif bertujuan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Apa perbedaan antara oli sintetik penuh vs oli konvensional? Minyak konvensional, atau minyak biasa, berasal dari minyak mentah atau bahan bakar fosil. Ini terdiri dari campuran hidrokarbon, nitrogen, sulfur, dan oksigen.

Kilang memanaskan minyak mentah ke suhu yang diperlukan untuk mengubahnya menjadi oli motor fungsional yang dirancang untuk penggantian oli. oli full synthetic dibuat melalui proses yang rumit, karena dikembangkan dari petrokimia dan memerlukan formulasi molekul yang tepat yang menghilangkan kotoran dari minyak mentah sambil menyesuaikan molekul dengan kebutuhan mesin modern. Mengapa oli full synthetic lebih baik untuk mobil Anda daripada oli konvensional? Saat oli campuran konvensional dan sintetis rusak, biasanya kemampuannya untuk mencegah keausan mesin berkurang.

Oli cenderung menumpuk endapan saat bersirkulasi dan melumasi suku cadang mesin selama ribuan siklus yang harus dilakukan suku cadang mobil per menit. Dibandingkan dengan oli full synthetic, oli konvensional pada akhirnya menghasilkan lumpur mesin dan menurunkan efisiensi mesin, memperlambatnya dan mengurangi masa pakainya.

Bayangkan lumpur yang diproduksi secara bertahap oleh oli konvensional sebagai kolesterol di dalam arteri, secara perlahan menghasilkan aliran darah yang buruk, dan akhirnya menciptakan masalah sistemik dalam tubuh. Alasan sebagian besar kendaraan menggunakan oli full synthetic adalah karena lebih baik untuk performa, umur mesin yang lebih panjang, kondisi panas / dingin, dan penarik yang lebih berat.

JADWALKAN GANTI OLI MOBIL DIRUMAH DENGAN LAYANAN MONTIR PANGGILAN SPEEDCAR.ID

Ganti Oli Mobil
Ganti oli mobil

Layanan paling populer yang dipesan oleh pembaca artikel ini adalah Ganti Oli Mobil. Mekanik Panggilan Speedcar.id menghadirkan layanan tersebut kepada Anda dengan melakukan pekerjaan ini di rumah atau kantor Anda 7 hari seminggu antara pukul 07.00-21.00. Saat ini kami mencakup area Jakarta, Bogor, Depok,Tanggerang dan Bekasi.

Ganti oli mobil anda dengan oli mobil full synthetic di bengkel mobil speedcar.id, layanan home servis montir panggilan mobil terpercaya dengan mekanik handal dan peralatan tercanggih. Anda juga bisa menghemat karena harga servis kami lebih murah sampai dengan 30% dari harga bengkel lainnya. Ikuti Social Media Kami di :