Apa itu timing belt dan kapan harus ganti timing belt mobil?
Mesin timing belt adalah sabuk penggerak bergigi yang diperkuat serat yang diproduksi menggunakan senyawa tahan lama seperti nitril yang sangat jenuh. Timing belt memungkinkan poros engkol menggerakkan poros bubungan di kepala silinder dengan setengah RPM poros engkol. Camshaft kemudian membuka dan menutup katup masuk dan keluar mesin sesuai dengan pergerakan dan posisi piston di mesin.
Kapan harus ganti timing belt mobil?
Setiap 60ribu km-90ribu km Jika sebuah mesin dilengkapi dengan timing belt, timing belt harus diganti pada interval servis yang ditentukan oleh pabrikan kendaraan terlepas dari apakah masalah terlihat atau tidak, biasanya dalam kisaran 60.000 hingga 90.000 km. Buku panduan pemilik kendaraan Anda harus menyatakan interval servis tertentu.
Ketika Mesin berhenti tiba-tiba atau tidak mau hidup. Kadang-kadang, timing belt bisa putus, atau terlewat, saat mesin sedang bekerja.
Pengoperasian mesin yang kasar. Gigi yang dibentuk dan diperkuat pada timing belt mengaktifkan roda gigi pada poros engkol dan poros bubungan. Setelah beberapa puluh ribu mil, gigi dapat aus atau patah, atau sabuk dapat meregang, sehingga menyebabkan posisi sabuk melompat pada poros engkol atau roda gigi poros bubungan. Jika sabuknya melompat, mesin akan bekerja dengan buruk dan mungkin tidak sama sekali.
Suara mesin yang membentur atau berdenting Pada beberapa mesin, jika timing belt melompat, piston dan katup dapat bertabrakan dan akan menimbulkan kebisingan serta kerusakan. Desain mesin ini disebut sebagai mesin interferensi. Jika mobil Anda mengalami gangguan mesin, mengganti timing belt sesuai dengan jadwal perawatan akan meminimalkan kemungkinan kegagalan belt yang akan menyebabkan kerusakan mesin.
Bagaimana cara mengganti timing belt mobil?
Desain mesin bervariasi, dan dengan demikian prosedur penggantian akan bervariasi, tetapi secara umum, prosedurnya adalah sebagai berikut:
Lepaskan kabel pembumian baterai.
Setelah mesin dingin, setel poros engkol ke tengah atas mati dengan piston nomor satu pada langkah kompresi. Lepaskan katrol poros engkol.
Lepaskan semua aksesori yang mengganggu pelepasan penutup timing belt.
Lepaskan penutup timing belt. Kunci camshafts, sesuai kebutuhan, dan catat posisi tanda timing camshaft. Lepaskan penegang sabuk waktu dan katrol pemalas. Lepaskan sabuk waktu.
Jika mengganti water pump sekaligus, lakukan saat ini, dan tentu saja kuras sistem pendinginnya terlebih dahulu. Jika termostat sistem pendingin mesin hanya dapat diakses dengan penggantian water pump, termostat juga harus diganti.
Pemasangan timing belt baru mencakup semua langkah di atas, dilakukan secara terbalik, mengikuti pedoman ketat untuk memastikan camshaft dan crankshaft (dan balancing shaft, jika dilengkapi) dalam keselarasan sempurna setelah tensioner disetel.
Setelah pemasangan selesai, poros engkol mesin diputar dengan tangan 720 derajat dan posisi yang benar dari tanda waktu pada poros engkol dan poros bubungan dikonfirmasi.
Kendaraan diuji di jalan raya untuk memastikan pengoperasian normal.
Apakah aman untuk berkendara dengan masalah timing belt?
Tidak, jika timing belt sudah aus untuk dipasang saat sedang berjalan, mungkin di jalan raya, hal itu menimbulkan risiko hilangnya daya mesin sepenuhnya saat dikelilingi oleh kendaraan yang bergerak cepat. Setelah kendaraan Anda mencapai jarak tempuh penggantian yang disarankan untuk sabuk, Anda dapat menghilangkan risiko kerusakan timing belt yang tiba-tiba dan tidak terduga dengan menggantinya. Jika mesin Anda termasuk jenis gangguan, sangat penting untuk mengganti sabuk sesuai dengan jadwal perawatan karena timing belt yang tiba-tiba rusak, saat mesin sedang berjalan, kemungkinan besar akan menyebabkan kerusakan yang signifikan pada komponen mesin internal seperti katup dan piston.
Hal penting saat ganti timing belt sendiri
Mesin interferensi harus diperiksa dengan cermat sebelum timing belt yang rusak diganti karena mungkin telah mengalami kerusakan yang harus diperbaiki sebelum memasang sabuk baru.
Sistem timing belt mencakup katrol idler dan tensioner sabuk. Komponen ini harus diganti bersama dengan sabuknya.
Pada beberapa mobil, timing belt menggerakkan water pump . Montir yang sudah berpengalaman biasanya akan merekomendasikan penggantian water pump pada saat bersamaan dengan penggantian timing belt.
Ganti timing belt mobil anda di Speedcar.id
Perbaiki Timing belt mobil anda di bengkel mobil speedcar.id, layanan home servis mobil terpercaya dengan mekanik handal dan peralatan tercanggih. Serta jaminan transparansi harga selalu menjadi prioritas kami, Diagnosa biaya jasa dan sukucadang akan kami sampaikan langsung setelah selesai pengecekan oleh montir speedcar.id dan juga anda dapat melihat dan memantau langsung pekerjaan montir kami.