12 Permasalahan utama pada mobil yang sering terjadi

Butuh Perbaikan Mobil ?

· Layanan Service Mobil di rumah atau kantor · Biaya yang adil dan transparan · Mekanik dan montir panggilan yang handal dan profesional ·

Hubungi Service Advisor Kami!

Menyelesaikan servis dan perawatan rutin sangat penting untuk menjaga mobil, truk, atau SUV Anda tetap kuat. Namun, terkadang masalah mobil akan muncul, dan setiap kendaraan akan menampilkan tanda peringatan tertentu. Untuk mengurangi potensi kerusakan, dan perbaikan yang mahal, kami telah membuat daftar 12 masalah mobil paling umum yang cenderung muncul.
08496Dda-60Bf-4E59-Aaaa-E85F9A4F51C8-1.Jpg

1. Indikator Warning

Lampu peringatan atau lampu check engine adalah masalah paling umum bagi pemilik mobil, truk, dan SUV. Lampu ini menyala ketika ECU (unit kontrol mesin) kendaraan mendeteksi kode kesalahan yang dipicu oleh sensor. Karena ada lebih dari 200 kemungkinan kode peringatan, mintalah mekanik profesional menyelesaikan pemeriksaan lampu check engine adalah cara terbaik untuk menentukan sumber dan melakukan perbaikan yang tepat.

2. Mesin Pincang / Missfire

Mesin bekerja paling baik ketika udara dan bahan bakar bercampur dan terbakar dengan benar di ruang bakar. Untuk menyelesaikan proses ini secara efisien, serangkaian komponen sistem bahan bakar dan pengapian harus bekerja bersama. Meskipun banyak bagian yang bergerak membantu mesin berjalan dengan baik, mesin sputtering atau misfiring adalah salah satu masalah utama. Untuk mengurangi masalah misfire atau sputtering mesin, pastikan untuk mengganti komponen sistem bahan bakar dan pengapian seperti yang direkomendasikan oleh pabrikan Anda.

3. Mesin Boros

Ketika mesin bekerja secara efisien, ia membakar bahan bakar pada tingkat yang membantu meningkatkan penghematan bahan bakar. Namun, beberapa bagian sistem bahan bakar seperti filter bahan bakar, filter udara, sensor aliran udara massal, dan sensor O2 pada akhirnya akan kotor atau aus. Jika ini terjadi sebelum diganti, akan menyebabkan mesin mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak dari biasanya. Sekali lagi, bersikap proaktif tentang servis rutin memberikan solusi.

4. Aki Mobil Soak atau Mati

Kebanyakan aki mobil harus bertahan sekitar tiga tahun atau 50.000 mil. Baterai mati biasanya disebabkan oleh berkurangnya amp – atau arus listrik – yang secara alami berkurang karena baterai kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan muatan. Alternator yang rusak, sensor suhu baterai, atau komponen sistem pengisian daya lainnya dapat mempercepat masalah ini. Yang terbaik adalah mengganti aki mobil Anda setiap 50.000 mil atau tiga tahun, meskipun tidak menunjukkan tanda-tanda kerusakan.

5. Suara Rem Mobil Mendecit

Seperti bagian bergerak lainnya pada mobil Anda, sistem rem dimaksudkan untuk aus selama periode waktu yang ditentukan. Rem sangat penting untuk penghentian yang aman, jadi ketika mereka menunjukkan gejala masalah, seperti memekik, mencicit atau pedal rem yang lembut – itu harus diperiksa oleh mekanik profesional sesegera mungkin. Sementara masalah kecil dapat menyebabkan suara mencicit atau memekik, begitu rem mulai menggiling, itu adalah tanda yang pasti bahwa mereka perlu diganti.

6. Kerusakan Alternator

Alternator adalah bagian pada kendaraan Anda yang membuat semua sistem kelistrikan tetap berjalan setelah mobil dinyalakan. Ini juga bertanggung jawab untuk memasok daya ke baterai Anda agar tetap dalam kondisi puncak. Ketika alternator rusak, pada akhirnya akan menyebabkan baterai aus sebelum waktunya dan masalah start lainnya. Periksa interval servis yang Anda rekomendasikan dan ganti alternator sebelum rusak untuk menghindari kerumitan ini

7. Kerusakan Dinamo Starter

Dinamo starter bertanggung jawab untuk menghidupkan mesin Anda, yang memulai proses start. Jika komponen ini rusak, biasanya karena solenoid kelistrikan rusak, motor starter rusak, atau terjadi gangguan listrik lainnya – seperti relay starter, misalnya. Sementara starter dapat diganti sebelum rusak, sulit untuk memprediksi kapan ini akan terjadi. Sebaiknya lakukan pemeriksaan penyalaan mobil untuk menentukan masalahnya sebelum menganggapnya sebagai starter

8. Stir Kemudi Mobil Bergetar

Beberapa masalah dapat menyebabkan roda kemudi bergetar saat mengemudi. Jika itu terjadi tepat setelah memulai mobil Anda dan mulai mengemudi, bantalan roda atau komponen suspensi yang rusak sering menjadi sumbernya. Jika itu terjadi pada kecepatan yang lebih tinggi, biasanya masalah keseimbangan ban/roda. Bagaimanapun, meminta mekanik profesional memeriksa kendaraan di lokasi Anda adalah cara terbaik untuk mendiagnosis dan menyelesaikan masalah ini dengan benar.

9. Ban Gundul

Sementara sebagian besar ban menjadi kempes setelah menabrak benda atau tertusuk, mungkin saja keausan sederhana menjadi sumber utamanya. Perpanjang umur ban Anda dengan menjaganya tetap berputar dengan benar, seperti yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan Anda. Umumnya, memutar ban setiap 5.000 mil (atau saat Anda mengganti oli mesin) adalah saran terbaik.

10. Mesin Mobil Overheat

Anda mungkin menduga overheating lebih tinggi pada daftar ini, tetapi pada kenyataannya, itu jarang terjadi. Di sebagian besar mobil modern, sistem pendingin sangat kompleks, berisi banyak sensor yang memantau suhu, aliran, dan komponen pendingin lainnya. Tetap di atas layanan penyiram radiator dan mengganti pompa air sebelum rusak adalah dua cara mudah untuk mengurangi potensi masalah panas berlebih.

11. Permasalahan Gas Buang / Emisi Mobil

Di beberapa negara bagian, jika lampu periksa engine menyala, itu berarti kegagalan instan. Sebagian besar pusat emisi akan memberi tahu Anda mengapa kendaraan gagal dalam pengujian, sehingga Anda dapat menghubungi mekanik untuk menyelesaikan perbaikan yang diperlukan.

12. Transmisi Slip/Slip

ari 200.000 mil tanpa masalah. Transmisi otomatis modern adalah sistem hidrolik yang terdiri dari beberapa segel, gasket, dan saluran yang dapat rusak, tersumbat oleh serpihan, atau bocor. Ketika ini terjadi, transmisi akan 'slip' atau tidak bergeser dengan mulus. Untuk menghindari masalah mobil yang umum ini, tetap ikuti layanan transmisi yang direkomendasikan untuk kendaraan Anda.Semua mobil membutuhkan perawatan agar tetap dapat beroperasi. Bahkan ketika Anda tetap berada di atas layanan dukungan yang disarankan, seperti penggantian oli dan rotasi ban, masalah akan tetap terjadi. Gaya mengemudi atau model mobil dapat membuat mobil Anda lebih rentan terhadap masalah tertentu daripada yang lain. Lihat Keluhan Mobil untuk melihat masalah mobil tertentu yang ingin Anda ketahui untuk merek, model, dan tahun mobil Anda. Apa pun pilihan kendaraan Anda, Anda pasti ingin mewaspadai masalah mobil yang terdaftar sebelumnya.